Berita DaerahBerita Provinsi

Rakor Penyusunan GDPK Oleh Pemda Pasangkayu

MAMUJU, DALDUKSULBAR.COM-

Pembangunan kependudukan memiliki masalah dan tantangan yang cukup berat baik dari sisi kuantitas, kualitas, mobilitas dan administrasi kependudukan sehingga dibutuhkan penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga ke tingkat kabupaten/kota.

Mengingat jumlah penduduk yang besar tidak berimbang dengan mutu sumber daya manusia yang memadai. Hal itu ditandai dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita berada pada urutan ke 121 dari 187 negara. Ditambah lagi beberapa indikator lainnya, dimana terlihat angka kematian yang masih tinggi, tingkat pendidikan masih rendah dan jumlah penduduk miskin yang masih besar.

Hal inilah yang mendasari Pemerintah Kabupaten Pasangkayu menggelar Rapat Koordinasi dengan OPD dan instansi terkait dalam penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan. Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Musbar Lasibe selaku Asisten Bidang perekonomian dan pembangunan di ruang rapat Kantor Bupati Pasangkayu (7/8/2019).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat yang didampingi oleh Kepala Bidang PPKS dan Kasubid Pengendalian penduduk memfasilitasi Penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan yang turut dihadiri oleh 20 orang peserta dari berbagai instansi.

Dalam arahannya, Andi Ritamariani menyampaikan tentang pentingnya penyusunan GDPK karena hal ini bisa menjadi dasar pengambilan kebijakan termasuk sebagai bahan rujukan di dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) khususnya di Kabupaten Pasangkayu. Pada saat sesi diskusi peserta yang hadir sangat tertarik dan antusias ketika nantinya pedoman GDPK 5 aspek ini benar-benar sudah ada.

Rapat ditutup oleh Asisten II dengan menitipkan pesan kepada OPD yang hadir untuk senantiasa berkoordinasi dan juga berkontribusi dalam penyusunan GDPK guna mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan berkualitas. (rheno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *