Artikel

PERAN KELUARGA DALAM PENCEGAHAN PENGGUNAAN NARKOBA

Kehadiran korban narkoba di dalam keluarga sering menjadi momok yang sangat menakutkan baik dalam keluarga itu sendiri,juga lingkungan sekitar bahkan tidak sedikit yang dapat menimbulkan penderitaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar penyalahgunaan narkoba berasal dari keluarga yang tidak sehat dan tidak bahagia.
Menurut hasil penelitian dan survey yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2014 menunjukkan hal yang sangat memprihatinkan. Sedikitnya 12.044 orang mati sia-sia akibat dari penyalahgunaan narkoba pertahun. Ini berarti ada 33 orang setiap harinya meninggal akibat narkoba. Berdasarkan penelitian tersebut, juga dijelaskan angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia sudah mencapai 4 juta orang pengguna, dengan rincian 1,6 juta coba pakai,1,4 juta adalah mereka yang memakai secara teratur dan sebanyak 943 orang sudah dalam taraf pecandu. Hal yang lebih memprihatinkan adalah fakta bahwa 27,32% penyalahgunaan narkoba adalah pelajar dan mahasiswa. Ini menunjukkan betapa generasi muda kita sekarang adalah merupakan sasaran empuk bagi peredaran gelap narkoba. Disinilah kita dituntut untuk dapat lebih peka, memahami dan juga bertindak nyata dalam upaya pencegahan dan penanggulangan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.
Hal itu menjadi sebuah keterkaitan antara keberadaan narkoba itu sendiri dengan peredarannya yang melibatkan jaringan nasional bahkan sampai internasional. Tentu saja dibutuhkan strategi yang tidak biasa dalam menyikapi hal tersebut. Salah satu upaya yang sangat penting selain dari pemberantasan dan pemutusan jaringan narkoba tersebut adalah tindakan pencegahan agar penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dapat ditekan bahkan dibasmi sampai keakarnya.
Pencegahan penyalahgunaan narkoba seharusnya dimulai dalam keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian yang lebih dewasa. Keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak–anak dari masalah narkoba. Keluarga yang sejahtera yang diliputi suasana yang serasi, selaras dan seimbang dimana anak-anak dapat tumbuh dan berkembang baik secara fisik, mental dan sosialnya secara optimal serta dipenuhi rasa penuh kasih sayang di dalam keluarga sebetulnya sudah melaksanakan pencegahan namun itu saja belum cukup. Anak– anak yang tumbuh dengan kasih sayang dan rasa aman serta dengan adanya kesempatan untuk menyatakan perasaan dan mengeluarkan pendapat serta dididik untuk mengambil keputusan yang bijaksana, kemungkinan besar tidak akan menyalahgunakan narkoba.
Peran Serta Keluarga Dalam Membentuk Generasi Yang Bebas Narkoba
Salah satu hal yang penting dalam pencegahan narkoba adalah adanya pendidikan tentang narkoba di dalam lingkungan keluarga. Pendidikan narkoba dalam hal ini maksudnya adalah para orang tua diharuskan mempunyai informasi dan pengetahuan yang luas tentang apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba, dampak buruk narkoba bagi segala aspek kehidupan. Informasi yang tepat dapat diperoleh dari berbagai sumber misalnya dari media cetak, elektronik, buku-buku tentang narkoba ataupun dari situs resmi Badan Narkotika Nasional (BNN).
Selanjutnya para orang tua dapat secara aktif membagi pengetahuan dan informasi tentang narkoba tersebut kepada anak-anaknya.Jika kita ingin anak-anak kita jauh dari narkoba maka sudah seharusnya lah diri kita sendiri sebagai orang tua juga harus bersih dan terbebas dari narkoba.
Pengalaman membuktikan bahwa kelompok orang tua, apabila digerakan dan diberikan pengetahuan, keterampilan, dukungan dan bantuan, bisa menjadi mitra masyarakat yang paling aktif dalam pencegahan bahaya narkoba.
Adapun salah satu cara yang bisa orang tua terapkan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba didalam keluarga seperti :
– Memberikan pendidikan agama dan akhlaq kepada anak sejak dini.
– Selalu memberikan Kasih sayang, rasa aman, bimbingan dan perhatian.
– Selalu ada ketika anda dibutuhkan oleh anak.
– Mengetahui segala kebutuhan anak–anak mulai dari hal yang kecil sekalipun.
– Memberikan kebebasan dalam batasan kemampuan anak dengan tidak lupa melakukan pengawasan secara bijaksana.
– Selalu memberikan dorongan semangat untuk mencapai prestasi.
– Melakukan pengawasan secara aktif dan bijaksana.
– Mengasuh anak dengan baik dan bijaksana.
– Selalu luangkanlah waktu untuk berkomunikasi dengan anak – anak.
– Jadilah contoh teladan ( role model ) yang baik untuk anak. Perlu disadari bahwa kebiasaan
dalam keluarga sangat besar pengaruhnya terhadap anak – anak.
– Jadilah pendidik terutama mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba serta berikan penjelasan yang baik mengenai apa itu narkoba dan dampaknya.
– Jadilah pengawas untuk menghindarkan anak dari bahaya narkoba.
– Orang tua sejak awal harus mengajarkan anak–anak bagaimana cara menolak narkoba.
– Orang tua harus ikut andil sebagai mitra masyarakat dan pemerintah dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.
Dalam menyikapi peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang semakin marak di muka dunia khususnya di negeri kita Indonesia, sudah sewajarnya lah kita sebagai masyarakat dan orangtua khususnya harus mampu berpartisipasi secara aktif untuk ikut bersama mengatasi persoalan narkoba. Penyalahgunaan narkoba tidak hanya terkait dengan penggunaannya, namun ada hal-hal mendasar yang berkenaan dengan masalah narkoba tersebut . Selanjutnya para orang tua dapat secara aktif membagi pengetahuan dan informasi tentang narkoba tersebut kepada anak-anaknya. Jika kita ingin anak-anak kita jauh dari narkoba maka sudah seharusnya lah diri kita sendiri sebagai orang tua juga harus bersih dan terbebas dari narkoba.
Tidak pernah ada kata terlalu dini ataupun terlambat untuk mencegah anak dari tindakan penyalahgunaan narkoba. Membuat berbagai bentuk perlindungan dan strategi yang baik dalam upaya kita melindungi anak dari bahaya narkoba adalah tindakan yang paling tepat untuk menyelamatkan mereka sebagai generasi penerus bangsa.
Mari selamatkan keluarga dan orang disekitar kita dari efek buruk penyalahgunaan narkoba. Jangan pernah biarkan narkoba mematahkan semua cita-cita dan harapan kita. Mari kita wujudkan generasi emas yang sehat menuju Indonesia bebas narkoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *