Artikel

MEMILIH ALAT KONTRASEPSI YANG TEPAT AMAN DAN NYAMAN

Posted

Merencanakan keluarga yang sejahtera dengan salah satunya adalah dengan mengatur jarak kehamilan yang dapat dimulai dengan memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat aman dan nyaman bagi penggunanya.
Memang setiap metode yang digunakan mengenai alat kontrasepsi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun demikian, meskipun telah mempertimbangkan untung rugi semua kontrasepsi yang tersedia, tetap saja terdapat kesulitan untuk mengontrol fertilitas secara aman dan efektif, dengan metode yang dapat diterima baik secara perseorangan maupun budaya pada berbagai tingkat reproduksi. Tidaklah mengejutkan apabila banyak wanita merasa bahwa penggunaan kontrasepsi terkadang problematis dan mungkin terpaksa memilih metode yang tidak cocok dengan konsekuensi yang merugikan atau tidak menggunakan metode KB sama sekali.
Perasaan dan kepercayaan wanita mengenai tubuh dan seksualitasnya tidak dapat dikesampingkan dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan kontrasepsi. Banyak wanita tidak bersedia mengubah siklus normalnya, karena takut bahwa perdarahan yang lama dapat mengubah pola hubungan seksual dan dapat mendorong suami berhubungan seks dengan wanita lain. Siklus yang memanjang dapat membatasi partisipasi dalam aktivitas keagamaan maupun budaya. Oleh karena itu, pendapat suami mengenai KB cukup kuat pengaruhnya untuk menentukan penggunaan metode KB oleh istri. Karena wanita mempunyai semacam kendali apabila mereka bertanggung jawab dalam penggunaan kontrasepsi. Dilain pihak, mereka juga dapat merasa kecewa karena harus menolak permintaan seks pasangannya dan memikul beban berat dari setiap efek samping dan risiko kesehatan. Wanita mungkin takut, karena alasan kesopanan atau rasa malu, untuk berbicara dengan pasangannya, baik tentang KB maupun menolak keinginan pasangannya untuk berhubungan ataupun mempunyai anak. Akhirnya, beberapa wanita memilih menggunakan kontrasepsi tanpa sepengetahuan pasangannya.
Penting bagi wanita untuk menentukan pilihan kontrasepsi yang ingin digunakan. Tidak hanya karena terbatasnya jumlah metode yang tersedia, tetapi juga karena metode-metode tersebut mungkin tidak dapat diterima sehubungan dengan kebijakan nasional KB, kesehatan individual, dan seksualitas wanita atau biaya untuk memperoleh kontrasepsi. Dalam memilih suatu metode, wanita harus menimbang berbagai faktor, termasuk status kesehatan mereka, efek samping potensial suatu metode, konsekuensi terhadap kehamilan yang tidak diinginkan, besarnya keluarga yang diinginkan, kerjasama pasangan, dan norma budaya mengenai kemampuan mempunyai anak.
Ada beberapa tips untuk memilih alat kontrasepsi yang aman,tepat dan nyaman untuk pria dan wanita
Yaitu :
1. Harus tau apa tujuan penggunaan alat kontrasepsi, apakah untuk menunda kehamilah atau menurunkan masa subur.
2. Mengenali diri sendiri / tubuh sendiri,bagi ibu yang sedang menyusui sebaiknya menggunakan alat kb seperti IUD sehingga tidak mengganggu proses menyusui, sedangkan untuk wanita yang belum mau hamil sebaiknya menggunakan menggunakan system kalender atau dengan senggama terputus.
3. Ada kesepakatan antara suami dan istri, baik mengenai penundaan kehamilan atau penggunaan alat kontrasepsi yang ingin digunakan Karena dengan komunikasi yang baik antara suami istri maka akan menciptakan rasa aman dan nyaman secara psokologis seorang wanita.
4. Mengenal alat kb yang ingin digunakan,Karena dengan lebih mengenal alat kb yg ingin digunakan baik kapan penggunaanya,jenisnya,apa saja gejala-gejala yang ditimbulkan selama penggunaan dan lain sebagainya maka dapat memberikan keyakinan dan pemahaman yang jelas untuk menggunakannya.
5. Mengetahui kelebihan,kekurangan serta efek samping dari alat kb yang ingin digunakan,alat kb yang ingin digunakan pasti memiliki efek atau resikonya,maka dari itu haruslah mencari berbagai informasi-informasi yang terkait dengan alat kb tersebut.
Setelah mempertimbang beberapa tips diatas, maka anda dapat memilih alat kontrasepsi yang sesuai salah satunya seperti :
1. Pil KB
Menggunakan pil Kb memberikan kelebihan bagi anda yaitu rendah efek samping dan aman dikonsumsi. Dan dapat mengatur siklus haid, Sedangkan kekurangan menggunakan pil kb yaitu memberikan perasaan mual dan sakit kepala yang ringan. Selanjutnya resiko bagi anda yang pelupa akan meningkatkan resiko hamil,Karena itu penggunaannya tidak boleh terlupa dan harus disiplin.
2. KB suntik
Penggunaan kb suntik dapat menyesuaikan anda ketika masa menyusui dan dapat disesuaian sejak hari pertama haid, Sedangkan kekurangannnya seringkali menimbulkan flek dan dapat menghentikan haid.

3. Kondom
Kondom merupakan alat kontrasepsi yang mudah anda lakukan. Melindungi dari penyakit menular seksual tetapi Kekurangan penggunaan kondom adalah posisi yang pas atau tidak hingga bisa menimbulkan kebocoran.
4. Intra Uterine Device (IUD)
IUD merupakan alat kontrasepsi berbentuk T atau spiral yang membantu anda untuk menghalangi pembuahan. Hanya satu kali pasang dan efektif hingga 10 tahun tetapi Kekurangannya adalah dapat mengubah siklus haid anda selama 3 bulan pertama penggunaan.
5.Implan
Kontrasepsi ini berupa benda kecil seukuran dan berbentuk seperti batang korek api yang dimasukkan ke bagian bawah kulit, umumnya pada lengan bagian atas. Implan ini secara perlahan mengeluarkan hormon progestin yang berfungsi mencegah kehamilan selama 3 tahun,kekurangannya dapat menyebabkan haid yang tidak teratur,dapat menyebabkan memar diawal pemasangan.
6.Kondom wanita
Kondom wanita berbentuk plastik yang menyelubungi vagina. Terdapat cincin plastik di ujungnya yang berperan untuk menyesuaikan posisi. Kondom wanita ini tidak dapat digunakan bersamaan dengan kondom pria tetapi kekurangannya kurang efektif seperti kondom pria.
7.Spermisida
Spermisida adalah produk yang diaplikasikan di dalam vagina sebelum berhubungan seksual. Produk yang berbentuk jeli, krim, membran, atau pun busa ini mengandung bahan kimia yang dapat membunuh sperma,kekurangannya penggunaanya harus 30 menit sebelum berhubungan dan umumnya perlu digunakan bersamaan dengan alat kontrasepsi lain.
8.Diafragma
Diafragma terbuat dari karet berbentuk kubah yang ditempatkan pada mulut rahim sebelum berhubungan seksual. Biasanya digunakan bersama dengan spermisida,kekuranganya pemasangan harus dilakukan oleh dokter,dan harus dilepas saat haid.
9.Cervical Cap
Berbentuk seperti diafragma, tapi dengan ukuran lebih kecil. Alat yang digunakan bersama dengan spermisida ini ditempatkan untuk menutup jalan masuk ke Rahim, kekurangannya Tingkat kegagalan 30% pada wanita yang sudah memiliki anak, dan 15% bagi yang belum memiliki anak, harus dilepas saat haid,tidak dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit menular seksual.
10.Koyo Ortho Evra
Koyo ini ditempelkan pada kulit dan diganti seminggu sekali selama tiga minggu. Koyo harus dilepas pada minggu keempat. Koyo bekerja dengan melepaskan hormon yang sama efektifnya dengan yang terdapat dalam pil KB,kekurangannya dapat menyebabkan efek samping yang serupa dengan penggunaan pil kb,serta harganya relative mahal.
11.Cincin vagina
Cincin vagina atau NuvaRing berupa cincin plastik yang digunakan di dalam vagina. Cincin plastik ini berfungsi melepaskan hormon yang sama seperti pil KB, kekurangannya dapat menyebabkan iritasi dan efek samping dan harganya relative mahal.
Alat-alat kontrasepsi di atas semua nya bersifat sementara. Selain cara di atas, ada metode kontrasepsi yang bersifat permanen yang disebut vasektomi. Pada cara ini, saluran vas deferens yang membawa sperma dari testis akan ditutup sehingga sperma tidak dapat dilepaskan. Meski memerlukan operasi, tapi cara ini hampir 100% efektif.
Pada umumnya, setelah mencermati berbagai pilihan alat kontrasepsi, memilih yang sesuai dan disiplin serta patuh mengikuti petunjuk penggunaan dapat meningkatkan efektivitas perlindungan alat ini dalam mencegah kehamilan.
Setelah anda mengetahui berbagai jenis kontrasepsi, anda dapat berkonsultasi disesuaikan dengan kondisi anda dan suami kepada bidan/dokter. Sehingga membuat anda lebih aman dalam penggunaan kontrasepsi sesuai dengan tujuan anda.
Sumber data :
Panduan Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat http://bidanku.com/panduan-memilih-alat-kontrasepsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *