Artikel

MELAHIRKAN TANPA RASA SAKIT DENGAN HPYNOBIRTHING

Posted

Kehamilan merupakan suatu anugerah dan mukjizat dari tuhan,banyak wanita yang ingin hamil tapi harus berjuang sedemikian rupa agar keinginannya untuk dapat hamil terwujud,maka dari itu sudah sepantasnyalah setiap perempuan didunia ini patut bersyukur atas kehamilannya,Karena itu berarti ia telah diberi kepercayaan oleh tuhan untuk menjadi malaikat bagi bayi yang dikandungnya.
Jangan pernah sia-siakan dan jangan pernah abaikan seorang manusia kecil yang bersemayam dirahim anda. Tidak ada tanggung yang lebih besar daripada mengasuh,membimbing,dan membesarkan anak, Karena satu-satunya pekerjaan yang didalamnya kita dituntut untuk mencampur logika, emosi, dan perasaan kita.
Proses kehamilan
Menyambut kelahiran si buah hati, keberadaan seorang anak didalam Rahim akan menimbulkan sensasi khusus bagi sang ibu,apalagi saat ia menjalani proses kehamilan tersebut dari minggu yang sat uke minggu berikutnya. Dengan teknologi yang ada saat ini, ibu dapat terus memantau perkembangan janin didalam kandungannya.
Proses kehamilan itu sendiri terdiri dari 3 masa yang biasa dikenal dengan sebutan trimester. Trimester pertama adalah minggu pertama sampai 11 minggu 6 hari; trimester kedua adalah minggu ke 12 hingga 27 minggu 6 hari; dan trimester ketiga adalah minggu ke 28 hingga sibuah hati lahir dalam waktu yang cukup atau (40 minggu ).
Hampir semua ibu yang sedang hamil, apalagi untuk yang baru pertama kali hamil pasti memiliki perasaan takut dan semangkin menjadi takut saat proses melahirkan semangkin dekat. Akan menjadi seorang ibu dan memiliki buah hati memang hal yang paling menakjubkan dan moment terbaik yang pernah dijumpai seorang wanita,namun tidak biisa juga kita pungkiri bahwa rasa sakit dan takut itu pasti akan selalu ada disaat melahirkan.
Salah satu upaya yang bisa ditempuh bagi ibu agar dapat melewati persalinan dengan lancer adalah dengan menggunakan metode HypnoBirthing ( melahirkan tanpa rasa sakit) lantas apakah itu HypnoBirthing?
hypnobirthing merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memandu sekaligus mempersiapkan para calon ibu yang akan segera melahirkan dengan tenang dan nyaman. Hypnobirthing merupakan program untuk mempertimbangkan faktor fisik, psikologi, kesejahteraan calon ibu, pasangan yang mendampingi melahirkan, bayi yang akan dilahirkan, konteks independen, sekaligus tempat yang akan digunakan untuk melahirkan seperti rumah, klinik bersalin, atau rumah sakit. Dengan cara menghipnotis diri sendiri dengan dibantu oleh professional agar bisa melewati rasa sakit dan juga menghindari stress saat melahirkan.
Program hypnobirthing sengaja dihadirkan untuk memberikan pendidikan kepada calon ibu sehubungan dengan relaksasi, pernafasan, visualisasi, memperhatikan gizi, latihan meditasi, dan membiasakan tubuh. Hal terpenting dari hypnobirthing adalah bahwa program ini menerapkan hipnoterapi saat proses melahirkan. Hipnoterapi tersebut dilakukan berdasarkan teori bahwa untuk melahirkan secara nyaman dan mudah, setiap wanita harus terlebih dahulu memiliki pengalaman mengenai cara rahim berfungsi secara alami selama proses melahirkan normal ketika calon ibu tidak terbebani rasa takut.
Metode HypnoBirthing yang ditemukan oleh Marie F.Mongan di Amerika Serikat ini berasal dari kata hypnosis (tidak sadar) dan birthing (melahirkan). Namun, metode tersebut tidak lantas membuat Anda tidak sadarkan diri saat melahirkan. Justru Anda sepenuhnya sadar dan menikmati proses lahirnya sang buah hati.
Hypnobirthing lebih mangacu kapada hipnoterapi, yaitu latihan penanaman sugesti pada alam bawah sadar sehingga Anda dapat mengendalikan tindakan sadar Anda ketika menjalani proses persalinan. Dengan metode ini rasa nyeri akibat kontraksi yang bisa terjadi bisa diminimalkan. Metode Hypnobirthing bisa diterapkan pada persalinan normal maupun persalinan lewat operasi. Walau tentu saja metode ini lebih terasa manfaatnya jika Anda menjalani persalinan secara normal. Rasa sakit yang muncul dapat berkurang tanpa menggunakan obat penghilang ras asakit. Hubungi rumah sakit Anda atau datangi klinik yang menyediakan kelas prenatal bila Anda tertarik untuk mengikuti metode ini.
Anda bisa menjalani latihan relaksasi Hypnobirthing kapan saja Anda mau. Umumnya latihan dimulai begitu menginjak bulan ke tujuh masa kehamilan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, diperlukan latihan rutin dan bimbingan dari seorang ahli hipnoterapi. Selanjutnya, sikap tenang, niat yang kuat, serta kemantapan hati menjadi modal Anda agar proses persalinan berjalan lancar dan alami.
Cara Kerja Hypnobirthing
Proses hypnobirthing didasarkan pada kekuatan sugesti. Calon ibu menggunakan musik, video, pemikiran dan kata-kata positif guna memandu pikiran, membuat tubuh santai, dan mengendalikan napas saat proses persalinan berlangsung. Misalnya diputarkan musik suara alam, video berkembangnya sebuah bunga, atau memikirkan kalimat-kalimat pernyataan seperti “saya ingin melahirkan secara normal”, “saya relaks, bayi saya juga relaks”. Hipnosis dalam hypnobirthing dapat dilakukan sendiri (self-hypnosis) atau meminta bantuan dari hipnoterapis, tergantung pada kebutuhan sang calon ibu.
Sebelum melakukan hypnobirthing saat persalinan, dianjurkan untuk calon ibu (dan ayah) untuk mengikuti kelas kursus hypnobirthing pada saat kandungan berusia di antara 25-29 minggu. Pada kursus tersebut akan diajarkan posisi tubuh saat persalinan dan kelahiran, mendalami relaksasi dan self-hypnosis, dan teknik bernapas.
Manfaat Hypnobirthing
Potensi manfaat dari hypnobirthing antara lain dapat:
• Memberikan kenyamanan, relaksasi, dan bantuan selama persalinan.
• Mengurangi stres dan ketakutan saat melahirkan.
• Memungkinkan calon ibu untuk tetap waspada dan terjaga selama persalinan.
• Melancarkan masuknya pasokan oksigen ke dalam tubuh karena sudah berlatih teknik bernapas.
• Mengurangi kebutuhan akan obat untuk mempercepat proses persalinan dan obat penghilang rasa sakit selama proses persalinan.
• Meningkatkan kesempatan bagi calon ibu yang ingin melahirkan secara normal.
• Masa persalinan menjadi lebih pendek
• Sakit saat persalinan berkurang atau bahkan tidak ada.
• Memperpendek waktu tinggal di rumah sakit usai melahirkan.
Apakah Hypnobirthing Aman untuk Dijalani?
Hypnobirthing aman untuk dilakukan selama dokter yang menangani merasa sepenuhnya mendukung metode ini dan telah terlatih. Selain itu, dianjurkan melakukan persalinan di rumah sakit dengan fasilitas C-section (operasi Caesarian) darurat dan unit perawatan bayi yang baru lahir untuk berjaga-jaga apabila terjadi komplikasi.
‘’Karena harapanlah ibu mengandung Dan menyusui anaknya. Karena harapanlah seorang ibu bisa kuat dan tegar. Sekali engaku kehilangan harapan,engkau akan kehilangan seluruh kekuatanmu untuk menghadapi dunia. Demikian besarnya arti menjadi seorang ibu, Karena anak adalah harapan dunia dan akhirat’’ (seftyanna E Arishandy).
Apa pun metode melahirkan yang Anda pilih nanti, utamakan kesehatan dan kenyamanan diri sendiri dan bayi Anda. Selain itu jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Sumber data :
Evariny Adriana.2007.Melahirkan Tanpa Rasa Sakit.Gramedia,Jakarta.
http://www.alodokter.com/tenang-melahirkan-dengan-hypnobirthing

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *