Berita Provinsi

Mamuju Tengah Bertekat Membenahi Data Kependudukan

Mamuju-Sulawesi Barat. Sebagai daerah pemekaran, Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah dituntut untuk segera membenahi berbagai aspek yang dibutuhkan dalam mengoptimalkan jalannya roda pemerintahan. Salah satunya berkaitan dengan data kependudukan yang sangat penting dalam merencanakan dan mengevaluasi berbagai sektor pembangunan yang saling berkaitan.

Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan KS melakukan fasilitasi pada kegiatan Penyusunan dan Analisis Parameter dan Profil Kependudukan dan Pembangunan Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Mamuju Tengah pada hari Kamis (28/4 2016) bertempat di Balai Penyuluh KB Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah.

Pertemuan diawali dengan pemaparan dari Nuryamin, STP, MM tentang pentingnya data kependudukan akurat, lengkap dan terkini serta adanya data proyeksi jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Selanjutnya secara teknis disampaikan tentang berbagai parameter kependudukan dan sistematika penyusunan profil kependudukan tingkat kabupaten.

Kegiatan tersebut mengundang 10 peserta dari beberapa unsur pemerintahan daerah terkait, antara lain; Dinas Kesehatan dan KB, Dinas Kependudukan dan Capil, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas PU, Disnakertrans dan Bappeda.

Para peserta tersebut menjadi satu tim penyusun berkomitmen untuk ambil bagian dalam penyusunan parameter dan profil tersebut, mengingat kebutuhan data lintas sektor menjadi keharusan dalam mengintegrasikan berbagai sektor pembangunan.

Hal ini sesuai dengan tujuan awal penyusunan, yakni tersedianya data dan informasi yang memberikan gambaran situasi dan kondisi mengenai aspek-aspek yang terkait dengan kependudukan dan KB di Kabupaten Mamuju Tengah. Data dan informasi akurat dan lengkap yang telah disusun nantinya diharapkan menjadi pegangan dalam pelaksanaan pembangunan oleh berbagai sektor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *