Artikel

KEISTIMEWAAN SEORANG WANITA

Mengapa seorang wanita dianggap istimewa? Di masa yang sudah modern ini, para wanita tidak lagi mengalami proses pingit, tidak boleh sekolah, tidak boleh bekerja dan sebagainya. Wanita masa kini memiliki kesempatan yang sama dengan pria untuk cerdas, maju dan bahagia.
Ada yang bilang, emansipasi wanita kadang suka kebablasan, sehingga tidak sedikit yang beranggapan bahwa wanita sering melupakan kodratnya. Padahal sebenarnya, seorang wanita tetap bisa bahagia dan menjadi hebat tanpa melupakan kodratnya.
Yang pasti untuk berhasil ada beberapa hal yang harus diketahui seorang wanita diantaranya :
Tahu Pasti Apa Yang Anda Mau
Setiap wanita punya banyak kelebihan begitu juga kekurangan. Maka carilah apa yang menjadi kelebihan Anda dan kembangkan potensi itu. Untuk menjadi bahagia, Anda harus tahu apa yang Anda mau, apa yang menjadi fokus Anda. Itu semua bisa membuat Anda punya tujuan dan tidak bingung mau jadi apa. Lakukan apa yang Anda sukai, maka Anda tidak akan merasa sedang bekerja.
Tahu Bagaimana Meraihnya
Setelah Anda tahu akan mencapai Anda, lakukan banyak cara untuk meraihnya. Cita-cita dan impian tidak hanya dilayangkan setinggi langit, tetapi juga dicapai. Memang bukan hal mudah mencapai impian, namun juga tidak mustahil untuk dilakukan.
Cintai diri sendiri
Sejak kecil kita dibiasakan untuk mencintai orang tua, adik, kakak, orang lain dan sebagainya. Jarang sekali ada yang menyadari bahwa mencintai diri sendiri adalah hal yang sama pentingnya. Love yourself first, maka orang lain juga akan mencintai dan nyaman berada di dekat Anda. Wanita yang sudah mencintai dirinya akan lebih percaya diri dan optimis dengan hidupnya.
Mulailah untuk membantu Orang-Orang di Sekitar Anda
Tidak ada yang lebih hebat selain membantu orang-orang di sekitar Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak hidup seorang diri, masih banyak saudara kita yang memiliki banyak kekurangan dan hidup memprihatinkan. Anda tidak harus membantu secara materi, bisa juga bantuan tenaga atau menjadi sukarelawan di kegiatan sosial.
Pria dan Wanita itu Berbeda, Tapi..
Biasanya, jika sudah merasa mandiri dan hebat, wanita jadi mengabaikan pria. Padahal pria dan wanita punya tanggung jawab yang berbeda. Pria dan wanita memang berbeda, tapi bukan berarti ada yang lebih baik atau lebih buruk, hanya berbeda. Karena itulah, pria dan wanita harus saling melengkapi, bukan saling bersaing mana yang terbaik.
Dalam pandangan islam wanita adalah sosok yang kerap kali menjadi perbincangan yang tiada habisnya. Sesuatu yang menyangkut wanita akan terus mendapat perhatian untuk dibicarakan. Ada seorang pujangga yang bersyair..
Kaum wanita itu bagaikan minyak kesturi…
Yang diciptakan untuk kita…
Setiap kita tentu merasa senang mencium aromanya…
Seorang ibu ibarat sekolah…
Apabila kamu siapkan dengan baik…
Berarti kamu menyiapkan satu bangsa yang harum namanya…
…Dibalik keberhasilan setiap Pemimpin ada wanita…
Dalam Islam, wanita bukanlah musuh atau lawan kaum laki-laki. Sebaliknya wanita adalah bagian dari laki-laki demikian pula laki-laki adalah bagian dari wanita, keduanya bersifat saling melengkapi. (QS. Ali Imran (3) : 195).
Dalam Islam tidak pernah dibayangkan adanya pengurangan hak wanita atau penzhaliman wanita demi kepentingan laki-laki karena Islam adalah syariat yang diturunkan untuk laki-laki dan perempuan. Akan tetapi ada beberapa pemikiran keliru tentang wanita yang menyelusup ke dalam benak sekelompok umat Islam sehingga mereka senantiasa memiliki persepsi negatif terhadap watak dan peran wanita. Salah satu contohnya adalah perlarangan wanita keluar rumah untuk menuntut ilmu dan mendalami agama dengan alasan ada orang tua dan suami yang yang berhak dan berkewajiban mendidik serta memberikan pelajaran. Akibatnya mereka menghambat wanita dari pancaran ilmu pengetahuan dan memaksanya hidup dalam kegelapan dan kebodohan.
Menurut pandangan islam wanita sangatlah mulia dan istimewa Di dalam Al-Qur’an telah banyak memberitahukan kepada kita semua tentang kedudukan wanita dan emansipasinya dengan kaum laki-laki. Wanita memiliki esensi dan identitas yang sama dengan laki-laki. Bahkan satu surat di dalam Al-Qur’an mengandung nama perempuan yakni surat “An-Nisa“. Rasulullah SAW ketika ditanya siapa orang yang paling berhak untuk dihormati dan didahulukan, beliau menjawab “ibumu! ibumu! ibumu! kemudian ayahmu“. Subhanallah, begitu mulianya seorang wanita di dalam pandangan Islam.
Jika kita mencoba menghitung berapa besarnya jumlah keistimewaan wanita dalam Islam, tak kan terhitung memang. tetapi dari beberapa ilmu dan sumber yang didapatkan maka kita akan dapatkan segala pengetahuan tentang wanita. Kita bisa saling berbagi dan saling memberi ilmu serta pendidikan kepada kaum muslimah khususnya. Ketahuilah, bahwasanya Islam sangatlah memuliakan seorang wanita. Lalu wanita yang seperti apa yang bisa mendapatkan keistimewaan itu?
Ada beberapa yang mungkin jika kita melakukannya dengan niat lillahita’ala, insyaaAllah, Allah tidak akan pernah mengingkari janji-janjiNya termasuk dalam memberikan kemuliaan pada seorang wanita. Berikut ini beberapa keistimewaan wanita dalam Islam diantaranya:
• Surga itu berada ditelapak kaki ibu
Seorang anak wajib taat dan patuh kepada ibunya, karena ridhonya seorang ibu adalah ridhonya Allah. Balasan terhadap apa yang telah ibu lakukan untuk anak-anaknya, dari mulai mengandung, melahirkan, menyusui, membimbing, melindungi, menyayangi dan sebagainya. Oleh karenanya atas pengorbanan seorang ibu, maka Allah pantas berikan surga dibawah kakinya.
• Doa seorang wanita lebih maqbul atau terkabul
Mengapa ? karena ketaatannya, kesabarannya, kedekatannya pada Allah serta sifat penyayangnya yang melebihi sifat penyayang seorang laki-laki. Oleh karenanya, doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.
• Sebagai seorang Istri yang melayani dengan baik suaminya yang pulang kerumah di dalam keadaan letih akan mendapat pahala layaknya berjihad.
• Seorang wanita sholehah akan dujamin masuk surga dari pintu mana saja.
• Seorang wanita sholehah lebih baik dari 70 orang sholeh.
• Haid nya seorang wanita pengampun atas dosa-dosanya dimasa lalu.
Oleh karenanya, saat haidh seorang wanita muslimah yang sholihah akan selalu beristighfar untuk memohon ampunan kepada Allah maka Allah akan membebaskannya dari siksa neraka dan memudahkannya ketika melewati jembatan shiratal mustaqim serta Allah akan mengangkat derajatnya seperti derajatnya 40 syuhada. Dan jika dilakukannya selama sedang haid (beristighfar).
• Allah akan mendatanginya di akhirat kelak
Semua orang kelak (di akhirat) akan dipanggil untuk melihat wajah Allah, akan tetapi Allah akan datang sendiri kepada wanita yang memberati auratnya terlihat yakni memakai purdah di dunia ini dengan istiqamah.
• Setiap wanita yang berkeringat demi suami dan anaknya, maka Allah akan menjadikan 7 parit antara dirinya dengan neraka, dan jarak diantara parit itu sejauh langit dan bumi. Jadi, jika seorang istri atau ibu yang mengeluarkan keringat ketika memasak untuk menghidangkan makanan bagi keluarganya, mencuci pakaiannya, membersihkan dan merapikan rumahnya dari segala kotoran, dan lain sebagainya sehingga keringatnya bercucuran akan dibalas oleh Allah dengan dibuatkannya sebuah parit sebagai penghalang dirinya dengan neraka.
• Wanita sholehah atau Istri yang dapat membahagiakan dan menggembirakan hati suaminya siang malam, maka akan diberi ganjaran tiada henti.
• Wanita yang memberikan ASI sampai cukup umur pada anaknya (-+2 tahun), akan diberi Surga oleh Allah.
• Akan mendapatkan pahala sebanyak 70 tahun sholat dan puasa. Yakni saat mengalami rasa sakit saat melahirkan dan setiap urat yang terasa sakit akan diberi pahanyanya seperti pahala orang yang haji.
• Setiap rokaat dari sholatnya wanita yang sedang mengandung itu lebih utama dari wanita yang tidak mengandung. Dan selama ia mengandung sampai melahirkan, Allah akan memberikan pahala yang berlipat-lipat kepadanya.
Alangkah bersyukurnya apabila dapat menjadi wanita dan para wanita muslimah yang taat. Karena Islam sangat mehormati dan menghargai hak mereka dengan berbagai keistimewaan yang dijanjikan Allah dalam Alquran dan hadist Nabi. Semoga kita lebih bertaqwa dan senantiasa bersyukur atas rahmat-Nya.
Sumber informasi dan data :
https://www.dream.co.id/news/10-keistimewaan-perempuan-dalam-islam-151016x.html

Inilah 6 Rahasia Jadi Wanita Paling Bahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *